Doa Menempati Tempat Baru

Doa pindahan rumah – Pernahkan anda melihat tetangga anda melakukan pindahan ke kampung halamannya karena memang harus megurus kedua orang tuanya yang sedang sakit?. Atau pernahkah kamu mengunjungi rumah baru saudaramu yang baru melaksanakan pernikahan?. Kami rasa sadar atau tidak sadar anda pernah menyaksikan atau bahkan melaksanakan langsung kegiatan pindahan rumah.

Dalam melakukan kegiatan pindahan pastinya ada banyak hal yang memang harus anda persiapkan. Untuk membuat anda tidak melupakan hal-hal sakral yang bersangkutan dengan syariat agama berikut kita simak lebih lanjut mengenai doa pindahan rumah.

Tata Cara Kegiatan Pindahan Rumah Dalam Agama Islam

Teman-teman yang ingin melakukan kegiatan pindahan, kami memiliki beberapa tata cara untuk anda yang akan melakukan kegiatan pindah rumah. Beberapa tata cara sudah kami rangkum dalam artikel ini, anda bisa menyimak artikel ini untuk mendapatkan tipsnya:

1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Bersyukur merupakan hal yang memang sakral untuk seorang muslim apabila mendapat keberkahan dan kenikmatan. Rasa syukur menjadi wujud berterima kasih kita kepada Allah SWT atas berkah yang Tuhan berikan, bersyukur menjadi sebuah amal mulia. Yakin saja dengan rasa syukur yang anda panjatkan akan menambah keberkahan yang berlimpah untuk anda dan keluarga.

Di dalam surat Ibrahim ayat 7 Allah berfirman “Sesunggunya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan mendambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. Sesunggunya Allah telah memberikan berkah untuk anda dan keluarga sehingga mendapatkan nikmat melalui rumah baru dan harap rezeki lain akan menyusul dengan cepat.

2. Mengucapkan Salam dan Membaca Doa

Saat anda dan keluarga menempati tempat tinggal baru, sebaiknya sebelum memasuki rumah tersebut anda mengucapkan salam dan membaca doa. Doa menjadi salah satu bentuk komunikasi dita dengan Tuhan agar selalu berlimpah rahmat dan keberkahan serta apa yang anda inginkan dapat tercapai. Dengan membaca doa anda bisa mencegah adanya setan masuk ke dalam rumah yang dapat membuat suasana rumah memburuk dan tidak nyaman.

Tidak berhenti di situ, salam dan doa saat masuk ke rumah menjadi hal yang mendatangkan kebaikan. Mengucap salam sering menjadi sebuah penghormatan pada orang lain  termasuk semisal jika memang di rumah tersebut ada penghuni yang tidak kasat mata. Salam dan doa bisa membawa rumah terasa lebih nyaman, aman, dan penuh berkah.

Mengucapkan salam “Assalamualaikum warohmatullah wa barokatuh” sebaiknya anda biasakan untuk diucap sebelum anda masuk ke dalam rumah. Baik jika anda mengunjungi rumah tetangga atau saudara pun hendaklah mengucapkan salam. Meski kondisi rumah sedang tidak ada orang di dalamnya hendaknya ada tetap untuk mengucapkan salam. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

“Maka apabila kamu memasuki suatu rumah dar rumah rumah hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.” (QS. An Nuur 24:61)

Sementara itu Allah menganjurkan untuk membaca surat Al Baqarah sesuai dengan Hadist Riwayat Muslim:

“Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah”. (HR. Muslim no. 1860)

3. Mengadakan Syukuran Doa Pindahan Rumah

Saat anda melakukan kegiatan pindahan rumah, sebaiknya anda melakukan kegiatan syukuran dengan mengundang saudara, rekan kerja, teman, dan beberapa tetangga sekitar. Hal ini baik untuk mencari keberkahan agar rumah baru yang anda tempati dapat berasa aman dan nyaman bagi para penghuni. Acara syukuran juga dapat menjadi ajang perkenalan dengan tetangga di lingkungan baru.

Benar rupanya apabila keberkahan bisa kita dapat melalui doa, apalagi doa tersebut kita lakukan secara bersama sama. Dengan mengadakan syukuran anda bisa sekalian berbagi makanan kepada saudara dan tetangga sekitar. Niatkan syukuran tersebut kepada Allah SWT, dan mohonkan doa baik serta keberkahan agar rumah baru dapat memberi kenyamanan serta membawa rezeki kepada penghuninya.

Allah SWT berfiman dalam Alquran, “Mengabdilah kepada Allah dan jangan mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kerabat, anak anak yatim, orang orang miskin, tetangga tetangga terdekat, tetangga tetangga orang yang asing, teman yang di sampingmu, dan orang dalam perjalanan, dan yang menjadi milik tangan ananmu. Allah tidak menyukai orang yang congkak, membanggakan diri.” (QS. Al-Nisa 36:8)

4. Berkenalan dengan Tetangga Sekitar

Saat anda berada di lingkungan baru, hal penting rupanya untuk menjalin hubungan baik dengan orang di sekitar. Apalagi jika anda akan menetap di tempat tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Menjalin hubungan baik rupanya menjadi salah satu keharusan, tidak perlu yang begitu dekat tapi setidaknya saling menyapa saat sedang bertemu.

Ada istilah yang mengatakan bahwa tetangga merupakan keluarga terdekat kita, apalagi jika keluarga kita berada di provinsi atau kota yang berbeda. Tetangga bisa menjadi tempat untuk berbagi dan saling tolong menolong apabila kita sedang dalam kesulitan dan kebahagiaan. Dengan menjaga hubungan bertetangga dengan baik maka bisa menciptakan lingkungan masyarakat yang harmonis.

Sudah hal wajar sebagai sesama makhluk sosial yang saling membutuhkan untuk menjalin hubungan baik, dalam hadist Bukhari dijelaskan bahwa “Barang siapa yang kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah memuliakan tetangganya dan barang siapa yang beriman keada Allah dan hari akhir, maka hendaklah berkata yang baik atau kalau tidak dapat berkata yang baik maka hendaklah berdiam saja, yakni jangan malahan berkata yag tidak baik.”

5. Memanjatkan Doa untuk Menghindari Mata Jahat Setan dan Manusia

Berdoa kepada Allah SWT bukan lah sesuatu yang selesai kita ucapkan satu atau dua kali saja. Namun sebutkanlah doa dan harapan anda setiap harinya niscaya keberkahan dan kemudahan akan semua masalah anda bisa menemui jalan keluar. Banyak doa yang memang bisa anda dapatkan, misalnya saja membaca dzikir pagi dan petang setiap hari. Atau anda bisa juga membaca doa doa baik lain yang anda yakini.

Banyak doa-doa baik yang memang bisa anda baca, anda bisa mendapatkannya melalui referensi-referensi terpercaya. Niatkan semua doa hanya kepada Allah SWT, dan semoga anda selalu mendapatkan rahmat dan keberkahan dari-Nya

6. Membaca Alquran dan Shalawat Kepada Nabi

Jika anda sudah mulai menetap dan menempati rumah baru tersebut. Memperbanyak membaca Alquran dan Sholawat dapat membawa keberkahan kepada penghuninya serta membuat suasana rumah menjadi adem dan tentram. Nabi Muhammad mengajarkan kita semua untuk selalu memperbanyak membaca Shalawat dan Alquran di dalam rumah yang kita tempati “Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran”. (HR. Al Baihaqi).

KONTAK MARKETING

MAYA (811-1865-299)

AWIN (811-1582-128)

LILIS (812-9869-7327)

Berikan Penilaian post

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *