Tata Cara Pindahan Rumah – Berikut ini adalah tata cara pindahan rumah yang wajib anda ketahui dan anda lakukan agar rumah baru anda menjadi lebih berkah.

AHMovers Ahlinya Jasa Pindahan Rumah Dengan Tarif Harga Paling Ramah

Layanan Jasa Pindahan Rumah Dengan Fasilitas Full Packing Hingga Reposisi

Bagi anda dan keluarga yang memiliki rencana untuk menempati rumah baru sebaiknya anda ketahui dahulu tata cara pindah rumah berikut ini.

Dengan anda memahami dan mengaplikasikan tata cara pindah rumah berikut ini, maka rumah baru yang akan ditinggali bisa kita harapkan agar dapat terasa nyaman, aman, dan berkah. Lalu, bagaimanakah tata cara pindah rumah yang baik? Simak selengkapnya.

Baca Juga : Fasilitas lengkap kami untuk layanan jasa pindahan kantor.

Berikut Tata Cara Pindahan Rumah Yang Baik Untuk Anda Lakukan

Bagi anda dan keluarga mungkin akan mengalami sebuah pengalaman dalam hidup mengenai proses pindah ke rumah baru.  Setidak – tidaknya sekali seumur hidup. Berikut 10 tata cara pindah rumah yang baik untuk anda lakukan.

Pastikan Rumah Baru Anda Sudah Benar-Benar Siap Huni

tata cara pindahan rumah

Image By : Kompas.com

Hal pertama yang paling penting untuk anda lakukan adalah, pastikan rumah baru anda sudah benar-benar layak huni. Artinya, segala persyaratan dan legalitas properti sudah kamu kantongi, jika membeli lewat sistem KPR.

Namun jika kamu membangun rumah sendiri, tentunya proses konstruksi idealnya sudah selesai, atau minimal bangunan sudah layak untuk langsung ditempati. Periksalah terlebih dahulu kesiapan hunian bareu anda apakah sudah benar-benar layak untuk bisa anda tempati, minimal tiga hari sebelum pindah, agar jika ada sesuatu yang perlu anda perbaiki, anda masih punya cukup waktu untuk memperbaikinya.

Tata Cara Pindah Rumah Berikutnya, Lakukan Sterilisasi Luar Dan Dalam

Ketika anda pindah ke rumah baru, khususnya yang anda bangun sendiri dari awal, pastinya akan membutuhkan proses sterilisasi secara menyeluruh. Lakukan proses sterilisasi pada bagian luar dan dalam hunian, untuk menghindarkan keluarga anda dari penyakit.

Sterilisasi yang dimaksud dapat berupa pengasapan atau fogging; misalnya jika lingkungan sekitar memiliki banyak sarang nyamuk, atau serangga pengganggu lainnya. Luangkan waktu sejenak untuk membuka seluruh pintu dan jendela rumah, agar sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa masuk untuk menghilangkan bau yang kerap muncul dari proses konstruksi.

Lalu Anda Perlu Memastikan Sistem Sanitasi Pada Rumah Baru Anda Berjalan Lancar

Image By : Viva

Syarat pindah rumah baru berikutnya, adalah memastikan sistem sanitasi sudah terpasang dengan lengkap dan berjalan lancar. 

Sistem sanitasi dasar yang anda butuhkan termasuk air bersih, baik yang berasal dari air PAM, maupun air sumur

Tes kembali seluruh kran yang ada pada tiap ruangan seperti, kamar mandi, dapur, dan tempat yang sudah anda setting untuk mendapatkan aliran air, agar bisa berfungsi dengan baik. 

Hindari Pindah Rumah Di Malam Hari

Melakukan pindahan rumah baru sebaiknya anda hindari waktu malam hari. Uasahakan waktu pindahan anda tetap anda lakukan pada waktu pagi hingga sore hari. Alasan ini bukan hanya ditinjau dari aspek filosofi berbagai kepercayaan saja, melainkan juga dari sisi ilmiah.

Kenapa anda disarankan untuk tidak pindah di waktu malam? Alasannya sederhana saja, karena berkurangnya daya pandang saat gelap, bisa berisiko membuat proses pengangkutan barang jadi terganggu. Bisa saja ada barang yang terlupa, salah kemas, atau penempatan posisi yang tidak seharusnya. Apalagi kalau anda dan salah satu anggota keluarga ada yang  mengalami masalah  penglihatan, seperti rabun jauh. Belum lagi kondisi fisik pada waktu malam hari yang cenderung akan membuat anda lebih mudah lelah, yang pastinya akan menggangu kebugaran tubuh anda. 

Maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk melakukan proses pindah rumah baru di pagi hari, dan selesai sebelum sore. Tujuannya supaya ada waktu yang cukup bagi para penghuni beristirahat, dan menyesuaikan diri dengan tempat tinggal baru tersebut.

Pindahan Rumah Dengan Banyak Barang Yang Memerlukan Spesial Handling?

Gak Usah Bingung, Ada AHMovers Ahlinya Jasa Pindahan Rumah Dengan Berbagai Macam Barang Spesial Handling.

Bongkar Pasang Kitchen Set
Pelepasan Dan Pasang Kembali AC
Bongkar Pasang Water Heater

Bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Image By : Dakta.com

Bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa adalah cara terbaik bagi kita umat beragama ketika kita mendapatkan suatu keberkahan atau pun rezeki yang berlimpah. Salah satunya bisa saja rumah baru yang memang sudah kita idam-idam kan sejak lama.

Bagi kita yang beragama islam mengungkapkan rasa syukur adalah hal yang wajib kita lakukan atas keberkahan yang telah Allah SWT kepada kita. Cara bersyukur bagi kita yang beragama islam bisa kita lakukan dengan lebih banyak lagi bersedakah terhadap sesama, meningkatkan ibadah dan selalu mengucap syukur kepada Allah SWT.

Bagi umat islam Perintah untuk senantiasana bersyukur kepada Allah SWT terdapat dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

“Dan (ingat) ketika Tuhanmu menyatakan: Jika kamu mengucap syukur, Aku akan memberimu lebih banyak (Berkat-Ku); tetapi jika kamu tidak berterima kasih (yaitu orang-orang kafir), sesungguhnya hukuman-Ku sungguh berat.” (QS. Ibrahim 14:7)

Mengucapkan Salam Serta Memanjatkan Do’a

Image By : Muslim Obsession

Ketika kita dan keluarga yang beragama islam, ketika hendak menempati rumah baru, maka kita dianjurkan untuk melakukan salah satu tata cara pindah rumah yang berikut ini, yaitu mengucapkan salam dan memanjatkan do’a.

Hal ini bertujuan untuk mencegah setan masuk ke dalam rumah yang bisa saja membuat suasana rumah tidak nyaman dan keburukan lainnya terjadi pada rumah anda. Tak hanya itu, salam dan doa yang dilafalkan saat masuk ke rumah juga bisa mendatangkan kebaikan.

Jadi, rumah baru anda pun akan terasa nyaman, aman, dan penuh berkah. Anda dan keluarga hendaknya mengucapkan salam, “Assalamualaikum warohmatullah wa barokatuh”. Ucapan salam tersebut sebaiknya anda ucapkan ketika masuk ke dalam rumah, baik rumah baru atau yang telah lama anda tempati.

Baca Juga: Jasa pindahan rumah dengan tarif murah di Jakarta.

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi: “Maka apabila kamu memasuki suatu rumah dari rumah – rumah hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.” (QS. An Nuur 24:61)

Anda jua dianjurkan untuk memanjatkan do’a yang yang diambil dari surah Al-Baqarah agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, seperti yang telah dijelaskan dalam hadist:

“Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah”. (HR. Muslim no. 1860) .

Bersosialisasi Dan Menjalin Relasi Yang Baik Dengan Semua Orang Di Lingkungan Baru Tempat Tinggal Anda

Hal ini sangatlah penting anda lakukan, jangan sampai anda merasa asing atau terasingkan oleh tetangga dan lingkungan baru tempat tinggal anda. 

Anda harus membangun relasi dan menjalin silaturahmi yang baik pada lingkungan tempat tinggal baru anda juga mengenali tetangga di sekitar rumah Anda yang baru.

Selain itu anda juga wajib mengetahui tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti tempat makan yang menarik ataupun kantor polisi terdekat agar Anda bisa merasa lebih aman.

Mengadakan Acara Syukuran Dengan Mengundang Tetangga Sekitar Rumah Baru Anda

Image By : Tribun Travel

Tata cara pindah rumah lainnya yang sebaiknya anda dan keluarga lakukan ialah menyelenggarakan acara syukuran atau walimah dengan mengundang keluarga, sanak saudara, rekan kerja, hingga tetangga sekitar pada lingkungan rumah baru. Momentum ini bisa anda gunakan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban untuk orang-orang yang berada dalam lingkungan rumah baru anda.

Berkenalan Dengan Tetangga Sekitar

tata cara pindahan rumah

Image By : Maxima Indonesia

Berkenalan dengan tetangga dan lingkungan baru rumah anda merupakan urutan tata cara pindahan rumah yang bisa anda lakukan. Ketika anda dan keluarga berada dalam lingkungan tempat tinggal yang baru, sangat penting anda dan keluarga untuk berbuat baik kepada tetangga. Jadi, janganlah sungkan untuk berkenalan dengan tetangga sekitar.

Dengan menjaga dan menjalin hubungan baik dengan tetangga baru anda, maka lingkungan masyarakat harmonis pun dapat tercipta. Janganlah sombong kepada tetangga karena merekalah orang terdekat yang akan membantu anda dan keluarga saat tertimpa musibah.

Jadi, sudah sepatutnya anda dan keluarga untuk berbuat baik kepada sesama di lingkungan masyarakat. 

Tata Cara Pindah Rumah Yang Terakhir Adalah Rutinlah Membaca Al-qur’an Dan Shalawat Bagi Anda Yang Beragama Muslim

Setelah seluruh tahapan tata cara pindahan rumah sudah anda selesaikan dengan baik, maka tibalah anda untuk mulai menempati dan tinggal di rumah baru anda.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran dan juga solawat nabi sehingga rumah baru anda dan keluarga terlimpahi keberkahan.

Rasulullah SAW sendiri yang telah mengajarkan agar setiap muslim memperbanyak shalat dan membaca Alquran di dalam rumah atau tempat yang baru mereka tinggali seperti yang diriwayatkan dalam hadist berikut:

“Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran”. (HR. Al Baihaqi)

Itulahbeberapa tata cara pindah rumah yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang sedang mencari referensi untuk menyusun langkah-langkah tahapan kegiatan pindahan rumah yang akan anda lakukan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.