Syarat pindahan rumah menurut adat Jawa – Adat Jawa merupakan salah satu budaya yang cukup kental pengaruhnya di masyarakat Indonesia. Wajar saja hal ini terjadi, mengingat suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. 

Ada beberapa aturan adat Jawa yang masih kental dan masih sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Termasuk juga untuk urusan pindahan, ada beberapa syarat pindahan rumah menurut adat Jawa.

Menurut beberapa kepercayaan khususnya bagi sebagian orang yang memang masih kental akan pemahaman aturan adat dan budaya, salah satunya syarat pindahan rumah, yang mana syarat pindahan rumah menurut adat Jawa ini wajib mereka penuhi.

Karena jika tidak, akan terjadi hal-hal buruk yang akan menimpa pada pemilik rumah yang akan menempatinya. Mereka meyakini dengan memenuhi syarat-syarat pindahan rumah menurut adat Jawa tersebut dalam pindahan rumah akan menjadikan keberkahan dalam keluarga yang meninggali rumahnya.

Berikut syarat-syarat pindahan rumah menurut adat Jawa yang dipercaya akan membawa keberkahan serta ketentraman bagi keluarga yang akan menempati rumah baru.

Baca Juga : Jasa sewa truk pindahan dengan jaminan harga paling bersahabat.

Mengadakan Acara Syukuran Atau Selamatan

Mengadakan selamatan atau syukuran menjadi hal penting dalam perpindahan rumah. Hal ini juga termasuk salah satu syarat pindahan rumah menurut adat Jawa. Tujuan dari melakukan selamatan atau syukuran adalah untuk memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar rumah baru anda diberikan keberkahan dan ketentraman bagi para penghuni rumah itu sendiri.

Biasanya proses pelaksanaan selametan/syukuran dipimpin langsung oleh tetua yang berada dalam lingkungan tersebut. Yang juga akan memimpin membacakan doa-doa oleh tetua tersebut agar rumah memiliki keberkahan dan kemanfaatan.

Menentukan Hari Baik Sesuai Syarat Pindahan Rumah Menurut Adat Jawa

syarat pindahan rumah adat jawa

Dalam hal ini, masyarakat jawa sendiri sudah sangat akrab dengan yang namanya memilih atau menentukan hari baik. Yang juga sering kita kenal dengan sebutan weton atau neptu hari baik seseorang.

Masyarakat Jawa beranggapan ada kategori-kategori hari tertentu yang baik untuk dilangsungkannyan proses pindahan rumah. Dengan demikian, saat ingin pindah rumah haruslah memperhitungkan hari apa yang baik untuk pindahan rumah, tradisi ini juga akrab dengan sebutan penanggalan.

Biasanya keluarga yang akan melaksanakan  pindahan rumah akan bertanya kepada tetua adat atau orang yang mereka tua kan, yang mengerti betul cara penghitungan hari baik seseorang. 

Baca Juga : Cara menghitung hari baik untuk pindah rumah menurut weton Jawa.

Pastikan Semua Sudah Lengkap

Saat anda atau pun keluarga hendak melakukan kegiatan pindah rumah, pastikan semua hal di rumah baru anda sudah siap.

Terutama alat-alat pokok yang paling penting, mulai dari perabotan, air, listrik, dan sebagainya. Dengan demikian anda dan keluarga dapat langsung menempati rumah baru anda dan beraktivitas seperti biasa.

Membawa Peralatan Yang Disarankan Dalam Syarat Wajib Pindahan Rumah Menurut Adat Jawa

syarat pindahan rumah adat jawa

Ada beberapa barang-barang khusus yang disarankan dalam syarat pindahan rumah menurut adat Jawa diwajibkan harus anda sediakan ketika anda akan melakukan kegiatan pindahan rumah.

Barang-barang yang harus anda bawa saat pindah rumah adalah :

  1. Sapu lidi, yang melambangkan penyapuan segenap kemalangan dan penyakit.
  2. Lampu minyak (pelita), yang melambangkan penerangan batin dan jasmani.
  3. Tikar, melambangkan bahwa segala sesuatu perlu mempunyai alas atau dasar yang kuat.
  4. Terakhir Bantal, untuk tidur.

Silahturahmi Dengan Tetangga Pada Lingkungan Rumah Baru Anda Melalui Acara Syukuran

Biasanya keluarga baru  yang pindah ke rumah dan lingkungan tempat tinggl baru akan mengundang tetangga sekitar, sahabat dan juga keluarga untuk berdoa bersama – sama supaya rumah yang akan mereka tempati diberikan keberkahan dan setiap orang yang tinggal di dalamnya senantiasa merasa nyaman dan di berikan perlindungan.

Selain berdoa bersama, yang lazim di lakukan lainnya adalah memotong tumpeng sebagai wujud kekayaan dan kesejahteraan. Tumpeng adalah sajian tradisional yang sangat erat dengan acara syukuran atau selametan.

Bahkan tumpeng dijadikan sebagai syarat wajibnya sebuah acara. Ada beragam jenis tumpeng yang hingga kini masih dilestarikan terutama oleh masyarakat Jawa yang salah satunya adalah tumpeng yang dibuat untuk acara pindah rumah.

Cek informasi lengkap layanan jasa pindahan rumah dengan promo paling menarik. Cek sekarang juga!

Jasa Pindahan Paling Murah Dengan Layanan Profesional

proses kegiatan pindahan
Tarif Pindahan Mulai Dari 700.000/Trip

Jasa Pindahan Paling Murah Dengan Layanan Profesional

proses kegiatan pindahan
Tarif Pindahan Mulai Dari 700.000/Trip

Menentukan Hari Baik Berdasarkan Posisi Rumah Yang Disarankan Dalam Syarat Pindahan Rumah Menurut Adat Jawa

Dalam mitologi Jawa, dikenal adanya istilah Nogo Taun. Nogo taun atau naga tahun adalah perlambang keburukan dari arah suatu mata angin berdasarkan bulan-bulan tertentu dalam satu tahun penanggalan Jawa.

Nogo taun berada pada arah Timur pada awal tahun Jawa (bulan Suro atau Muharram) dan berpindah setiap 3 bulan ke arah Selatan, Barat, dan Utara, hingga pada akhirnya kembali lagi ke Timur pada awal tahun berikutnya.

Saat anda hendak melakukan pindahan rumah ke suatu arah mata angin tertentu, kita akan dianjurkan untuk menghindari bulan-bulan saat nogo tahun berada di arah tersebut.

Seperti, saat hendak pindah ke rumah baru yang letaknya berada di timur, maka kita tidak boleh pindah pada bulan Suro, Safar, ataupun Mulud. Dan begitu seterusnya.

syarat pindahan rumah adat jawa

               Nogo taun pindah rumah

Pindahan Rumah Yang Dikarenakan Oleh Kondisi Tertentu Dalam Syarat Pindahan Rumah Menurut Adat Jawa

Ada kalanya, seseorang atau suatu keluarga melakukan kegiatan pindahan rumah karena alasan tertentu.

Seperti, proses pindahan yang mendadak. Yang mengharuskan seseorang/keluarga untuk pindah rumah dengan segera. Padahal, sang naga tahun letaknya masih berada pada arah yang sama dengan arah kepindahan rumah.

Bila kepindahan semacam ini harus anda lakukan, maka tentunya proses pindahan tersebut akan membuat anda khawatir, takut akan ada nya efek buruk yang terjadi.

Untuk menyiasatinya, biasanya orang tua zaman dulu menganjurkan beberapa syarat. Pertama, saat keluar dari rumah lamanya seseorang harus melewati pintu belakang, dan saat memasuki rumah baru, ia juga harus masuk dari pintu belakang. Syarat ini dilakukan hanya 1 kali saat awal mengangkut dan memasukan barang.

Itu lah beberapa penjelasan mengenai syarat pindahan rumah menurut adat Jawa. Semoga beberapa informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai, perpindahan rumah dan hari baik serta syarat wajib yang harus anda penuhi.

Baca Juga : Cargo ekspedisi pengiriman barang pindahan antar pulau.

5/5 - (9 votes)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *